Jumat, 09 Mei 2008

Tugas Algoritma


CREATEDATA
Menu ini digunakan untuk membuat file data (file data baru atau mengosongkan file data yang sudah ada). Sebelum membuat file data baru, akan ada keterangan :”Perhatian, file data sudah ada/berisi record. Mau dikosongkan (y/t)?” Jika dijawab ‘y’ maka file data akan dikosongkan. Jika dijawab ‘t’ maka file data tidak akan dikosongkan, tetapi akan ada file data baru yang siap diisi.



PROSES
Menu ini digunakan untuk menampilkan keterangan hasil dari nilai yang diinputkan dengan cara sebagai berikut:Teori + nilai Praktek / 2 = grade. Jika nilai grade kurang dari 50 maka akan tampil Predikat = E, dan keterangan = kurang sekali,
Jika nilai grade kurang dari 60 maka akan tampil Predikat = D, dan keterangan = kurang ,
Jika nilai grade kurang dari 75,5 maka akan tampil Predikat = C, dan keterangan = cukup,
Jika nilai grade kurang dari 87,6 maka akan tampil Predikat = B, dan keterangan = Baik,
selain nilai di atas maka akan tapil predikat =A dengan Keterangan = Baik sekali.
Jika nilai grade kurang dari sama dengan 60, maka keterangan = Lulus, selain itu keterangan = Gagal.

ENTRYDATA
Menu ini digunakan untuk menambah data. Pada ‘data ke’ : disana tertulis Bd(banyak data )+1 artinya jika itu baru mulai memasukan data maka tertulis 1, jika memasukan lagi ke 2 maka akan muncul data ke :2. Setelah itu masukkan nomor induknya. Jika nimc(nomor induk ) ada yang sama maka langsung menampilkan semua data yang ada pada nimc tersebut kemudian akan ada keterangan “data sudah ada” . Jika tidak ada, maka kita masukkan data yang baru. Kemudian akan tampil mau menambah data lagi(Y/T) bila Y Pointer menuju nimc lagi dan input data lagi, bila T langsung keluar dari menu entry. data yang sudah di masukan otomatis tersimpa pada file (siswa.PDB = data basenya). Bila data sudah di isi maka akan muncul masukan data lagi (y/t).

LISTDATA
Menu ini digunakan untuk melihat data yang sudah ada lewat pengetikan/pemasukkan nomor induk. Bila nomor induk tersebut ada, maka akan menampilkan data yang dimaksud. Bila tidak ada, maka akan menampilkan “Data dengan nomor induk tersebut tidak ada” dan akan ada pertanyaan “apakah akan melihat data yang lain” (y/t). bila mengetik ‘y’ maka akan mengulang untuk mengetikan nomor induk yang lain, bila mengetik ‘t’, maka akan keluar dari menu display.

UPDATEDATA
Menu ini digunakan untuk meng-update/merubah data. Caranya sama dengan listdata yaitu memasukkan nomor induk yang dimaksud untuk dapat merubah data kecuali merubah nomor induknya. Setelah memasukkan nomor induk yang dimaksud, maka akan ada pertanyaan “Data mau dirubah”(y/t). bila ‘y’, maka masukkan/ketikan data yang dirubahnya, bila ‘t’, akan langsung keluar dari menu update.
Bila nomor induk tidak ada, maka akan ada pertanyaan “Data dengan nomor induk tersebut tidak ada” dan akan ada pertanyaan “apakah akan merubah data yang lain” (y/t). bila mengetik ‘y’ maka akan mengulang untuk mengetikan nomor induk yang lain, bila mengetik ‘t’, maka akan keluar dari menu update.

DELETEDATA
Menu ini digunakan untuk menghapus data lewat pengetikan/pemasukkan nomor induk. Bila nomor induk tersebut ada, maka akan menampilkan data yang dimaksud dan akan ada pertanyaan “Data ini mau dihapus”(y/t). bila ‘y’, maka data tersebut akan dihapus, jika ‘t’ maka akan langsung keluar dari menu delete. Bila nomor induk tersebut tidak ada, maka akan menampilkan “Data dengan nomor induk tersebut tidak ada” dan akan ada pertanyaan “apakah akan melihat data yang lain” (y/t). bila mengetik ‘y’ maka akan mengulang untuk mengetikan nomor induk yang lain, bila mengetik ‘t’, maka akan keluar dari menu tersebut.
REPORTDATA
menu ini digunakan untuk menampilkan data berdasarkan jurusan, kelas, grade, kelulusan, data , dan exit menu. Bila kita inputkan tidak sama dengan data yang dimasukan maka data tersebut tidak akan muncul sebaliknya jika ada data tersebut akan muncul. untuk menu exit, bila menekan menu exit, akan keluar dari menu report.

Tidak ada komentar: